1. Apa yang dikerjakan ?
Petugas Housekeping khususnya Room Attendant melakukan pembersihan kamar sejumlah 100 kamar dengan occupancy sebesar 100%. Dengan rincian jumlah kamar sebagai berikut :
Ø Standart Room berjumlah 65 Kamar.
Ø Deluxe Room berjumlah 30 Kamar
Ø Suite Room berjumlah 5 Kamar
2. Siapa yang mengerjakan ?
Room Attendant dengan jumlah staf sebagai berikut :
Ø 15 orang staff termasuk 1 Supervisor.
Ø Dengan Spekulasi kerja selama 8 jam dan 1 jam istirahat.
Ø 5 hari kerja, 1 hari Day Off
Ø Dengan Pembagian 2 shift. Shift Pagi dan Sore
Ø Jumlah Staff setiap shift pagi sejumlah 10 orang, shift sore sebanyak 3 orang
3. Seberapa besar beban kerja yang digunakan ?
Pembagian kamar sebagai berikut :
1 orang : 10 kamar dengan rincian
1. 6 Standart
3 Deluxe
1 Suite
2. 7 Standart
3 Deluxe
4. Tingkat kualitas yang dituju ?
1. Kebersihan kamar
2. Pelayanan yang berkualitas
3. Kepuasan konsumen
4. Kerapihan
5. Kelengkapan
5. Kesiapan material pendukung ?
Material yang dibutuhkan :
- Room attendant trolly
- Linen
- Guest supplies
- Linen supplies
- Double sheet
- Single sheet
- Pillow case
- Bath towel
- Hand towel
- Face towel
- Bath mat /bath rug
6. Alat yang harus disiapkan ?
Alat yang digunkan :
- Cleaning cloth
- Scruber pad
- Carry cady
- Danger notice
- Glass wiper
- Gun spreyer
- Vacuum cleaner
- Hand brush
- Toilet bowl brush
- Hand Gloves
7. Bagaimana cara melakukan pekerjaan tersebut ?
Pada tahap persiapan ini, room Attendant melakukan persiapan sebagai berikut :
1. Melapor ke housekeeping office dengan menandatangani daftar hadir (attendance record) pada kolom Time In.
2. Mengambil room assignment sheet yang merupakan daftar kamar-kamar yang harus dikerjakan oleh room attendant. room assignment sheet ini dipersiapkan oleh floor supervisor untuk mengatur alokasi room atttendant dalam pembersihan semua kamar di hotel.
3. Mengambil kunci kamar (Master key) sesuai dengan daftar kamar pada room assignment sheet kemudian menandatangani pada “key log book” pada kolom Key Out.
4. Mengikuti “Morning briefing” yang dipimpin oleh supervisor untuk mendapatkan informasi mengenai aktivitas hotel misalnya : EA, ED, VIP, dan lain-lain.
5. Room attendant menuju section masing-masing sesuai dengan lantainya kemudian mengambil “trolley” sebagai tempat penyimpanan semua peralatan penunjang kamar.
6. Kemudian, mengecek semua kamar untuk memastikan status kamar sesuai dari system komputer sama dengan status fisik. Selain itu, tujuan lainnya adalah mengecek laundry tamu, mengecek kamar yang ada tanda “SERVICE dan DND” dan sebagai laporan untuk room discrepancy
7. Hasil pengecekan fisik ini akan dilaporkan ke floor supervisor sabagai laporan morning housekeeping report setelah dikumpulkan dari semua room attendant yang bertugas.
8. Room attendant sudah siap melakukan pembersihan kamar. biasanya akan dimuali dari kamar-kamar yang ada tanda “service”.
2. Pembersihan
Pada tahap ini, room attendant sudah siap membersihkan kamar tamu, Prosedur pembersihan yang dilakukan meliputi hal-hal sebagai berikut :
Pada tahap ini, room attendant sudah siap membersihkan kamar tamu, Prosedur pembersihan yang dilakukan meliputi hal-hal sebagai berikut :
a. Entering the guestroom
Bell kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada respon ulangi lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu perlahan sambil mengatakan housekeeping. Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dapat dibersihkan.
b. Begining Task
· Bawa masuk carry cady dan linen bersih ke dalam kamar. letakkan caddy ke bathroom dan linen diatas luggage rack.
· Buka curtain supaya penerangan di dalam kamar lebih terang. Buka jendela untuk sirkulasi udara segar (beberapa hotel jendela tidak dapat dibuka dengan alasan keamanan).
· Bawa gelas, ashtray, cangkir ke wash basin di bathroom. bila ada tray dari room service hubungi room service untuk pick up.
· Bersihkan tempat sampah dan buang sampah tersebut ke rubbish bag di trolley.
· Periksa semua ruangan untuk melihat apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal dan kerusakan di dalam tersebut.
c. Stripping the bed
· Pindahkan bila ada barang / pakaian tamu ke tempat, setelah selesai making kembalikan ke posisi awal.
· Lepaskan sarung bantal satu per satu kemudian letakkan bantal diatas meja/sofa.
· Tarik sheet kotor satu per satu agar barang yang ada di bed tersebut tidak terbawa ke laundry.
· Pindahkan semua linen kotor ke linen bag pada trolley.
d. Making the bed
· Periksa kebersihan bed pad, ganti bila kotor.
· Letakkan sheet pertama di tengah bed, kemudian kunci masing-masing sudutnya dengan membentuk sudut 45 derajat.
· Letakkan duvet cover seperti sheet pertama, ujung atas duvet sejajar dengan tepi bed, kemudian rapikan hingga terlihat kencang.
· Letakkan bantal yang sudah dipasang sarung bantal pada ujung bed dekat head board.
· Letakkan bed runner sebelah bawah dari bed.
e. Dusting
· Proses dusting sebaiknya dilakukan secara terarah (se-arah jarum jam) untuk memastikan semua furniture tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance, skirting, desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table, wardrobe, furniture dan lain-lain.
· Lengkapi semua guest amenities yang dipakai oleh tamu dengan yang baru sebagai syarat kelengkapan kamar.
f. Cleaning the bathroom
· Bersihkan Glass tumbler yang kotor.
· Bersihkan toilet, bathtup, shower, wash basin dan mirror.
· Ganti towel yang kotor dengan yang bersih sesuai dengan standar.
· Ganti dengan yang baru semua amenitiesyang dipakai. letakkan sesuai dengan standar.
· Bersihkan lantai kamar mandi, pastikan bahwa rambut tidak ada yang tertinggal.
g. Vacuuming the room
Vacuum lantai dari area yang paling jauh dari pintu dengan cara berjalan mundur. permukaan lantai tidak ada yang terlewatkan.
h. Pengecekan
Pada tahap ini, room attendant memeriksa ulang kamar yang telah dibersihkan agar kamar tersebut sesuai dengan standar. Adapun prosedur pengeceken meliputi :
1. Kebersihan merupakan tujuan dari proses pembersihan, target kebersihan termasuk wall, furnitures, paintings, lamps, floor, linen, dan ceiling.
2. Kerapihan merupakan pengaturan terhadap semua peralatan didalam kamar agar tertata baik dan rapi agar kelihatan menarik.
3. Kelengkapan merupakan proses pengecekan terhadap semua amenities dan linens yang menjadi standar dari kamar tersebut dilengkapi setelah dipakai oleh tamu.
4. Kerusakan bertujuan untuk memastikan semua perlengkapan di kamar dapat berfungsi dengan baik, misalnya lampu yang mati, remot control, furniture yang tergores, dan lain-lain.
5. Kesegaran merupakan proses pengecekan terhadap kesegaran kamar. kamar yang baik adalah “fresh” bukan bau rokok, bau parfurm, dan lain-lain
8. Berapa waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan parameter keberhasilan untuk pekerjaan tersebut ?
Rincian waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kamar
Keterangan :
1. Untuk Morning shift jam masuk kerja pukul 07.00
2. Briefing 1 jam sd pukul 08.00
3. Prepare alat dan perlengkapan untuk membersihkan kamar sd pukul 09.00 dilanjutkan dengan membersihkan kamar
4. Istirahat selama 1jam
5. Sisa waktu yang tersedia dilakukan untuk membersihkan trolly, merapikan pantry, membuang sampah dan briefing sebelum pulang.
6. Evening shift jam masuk kerja pukul 15.00 sd 00.00
Job Description Evening shift :
A. Melayani jasa turndown service
B. Melayani Request tamu di malam hari
C. Mengumpulkan linen yang kotor dari pantry
D. Menyetok perlengkapan dan kebutuhan untuk pembersihan kamar
EmoticonEmoticon